oleh

Ketua Dewan Pendidikan BU: Laporkan Kepada Kami Jika Ada Penyalahgunaan Dana BOS

ReferensiPublik.com – Dialih fungsikannya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  untuk program daring atau sistem pembelajaran di rumah di tengah pandemi Covid 19, Dewan Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara ikut serta melakukan pemantauan dan pengawasan terkait penggunaan dana.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara, Tommy Febrizky, S.Sos.I mengatakan, semenjak diterapkannya sistem pembelajaran di rumah hingga sekarang, secara otomatis banyak sekali dana anggaran berubah dan dialih fungsikan, Salah satunya yakni dana BOS.

Maka dari itu, pihaknya mengungkapkan akan terus melakukan pengawasan kepada setiap sekolah yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara dalam penggunaan ataupun penyaluran dana BOS tersebut.

“Karena bisa jadi dengan adanya kondisi seperti saat ini, ada sekolah yang menyalahgunakan penggunaan dana BOS tersebut, misalkan dana BOS seharusnya digunakan untuk keperluan sekolah termasuk program daring. Tetapi ini malah digunakan untuk kepentingan sendiri atau tidak sesuai dengan juknis dari penggunaan dana BOS tersebut,” Kata Tommy.

Lanjutnya, Sekolah yang melakukan penyalahgunaan dana anggaran BOS di Kabupaten Bengkulu Utara, sejauh ini belum menemukan kasus tersebut. Pasalnya, hingga saat ini memang belum menerima laporan atau temuan kasus tersebut oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara.

Namun, jika ada masyarakat yang menemukan kasus penyalahgunaan dana BOS oleh pihak sekolah, segera hubungi Dewan Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara atau Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Bengkulu Utara.

“Jika ada, segera laporkan kepada kami. Nanti akan ditelusuri secara bersama, dan akan kita tindak lanjuti secara tegas.” pungkasnya.

Kemudian Tommy juga menjelaskan bahwa, ditengah bencana covid-19 tentu semua anggaran yang menyangkut dunia pendidikan, khususnya BOS, akan tetap diawasi secara ketat. Apalagi dengan adanya intruksi kemendikbud bahwa seluruh sekolah harus memasang papan informasi realisasi Dana BOS.

“Ini akan kita awasi secara ketat, karena tidak menutup kemungkinan penyalahgunaan anggaran bisa saja terjadi, apalagi hingga saat ini berdasarkan temuan kita dilapangan, masih banyak sekolah yang belum memasang papan informasi BOS tahun 2020, terkhusus SD,SMP Di Bengkulu Utara.” Tandas Tommy.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada sekolah yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara agar tetap menjalankan protokol kesehatan hingga situasi pademi covid-19 normal kembali.” Kepada semua sekolah yang ada di Bengkulu Utara, saya himbau agar tetap jalankan protokol kesehatan hingga situasi normal kembali dimasa.pandemi covid-19 ini.” Imbaunya, Selasa (02/06/2020).

(Bw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru