oleh

Riri: Peningkatan IKLH di Daerah Harus Didukung Pemerintah dan Seluruh Masyarakat

ReferensiPublik.com – Peningkatan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di daerah, harus didukung oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Bengkulu. Sebab lingkungan hidup dapat menjadi sumber daya penunjang hidup bagi manusia dan mahluk hidup lainnya.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan memiliki kewajiban bersama untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan bersama.

“Optimalisasi lingkungan hidup di daerah dan peningkatan indeks kualitas lingkungan hidup harus di dukung bersama-sama. Kalau lingkungan hidup membaik maka kita sendiri yang akan merasakannya,” kata Riri Damayanti kepada media, Rabu (30/10/2019).

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini berharap kepada pemerintah, harus ada sarana mengevaluasi efektifitas program pengelolaan lingkungan hidup. Sebab, hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengukur keberhasilan program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menilai, pengukur kualitas lingkungan hidup saat ini sering dilakukan secara parsial berdasarkan media air, udara dan tanah, sehingga sulit menilai apakah kondisi lingkungan hidup di suatu wilayah bertambah baik atau sebaliknya.

“Saya harap ada kebijakan yang lebih cepat dan tepat gambaran atau indikasi awal yang memberikan kesimpulan cepat dari kondisi lingkungan hidup pada lingkup dan periode tertentu,” kata Riri Damayanti.

Diketahui, berdasarkan Undang-undang No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

(Ads)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru