oleh

2024, Pemkot Bengkulu Lanjutkan Program RTLH untuk 23 Unit Rumah

ReferensiPublik.com – Tahun 2024 Pemerintah Kota Bengkulu melanjutkan program bedah rumah atau perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Hanya saja, kuotanya lebih sedikit yakni untuk 23 rumah. Ini dikarenakan keterbatasan anggaran.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Kawasan Permukiman dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) dan Pertanahan Kota Bengkulu Lepi Nurseha.

“Program RTLH untuk tahun 2024 masih ada, untuk perbaikan 23 unit rumah. Memang lebih sedikit daripada tahun ini (2023) yang totalnya 61 unit rumah dikarenakan keterbatasan anggaran,” ujar Lepi.

Mengenai penerima manfaat dari program RTLH tahun 2024, kata Lepi memang belum ditentukan namun yang jelas tersebar di 9 kecamatan se-Kota Bengkulu.

“Yang jelas kita berdasarkan data dari kelurahan dan tentunya akan dilakukan survey. Apabila memang rumah yang diusulkan itu layak untuk menerima program ini maka akan dibantu untuk perbaikan atau renovasinya,” jelas Lepi.

Salah satu warga yang sudah mendapat bantuan bedah rumah tahun 2023, Hotda Sagala warga Kelurahan Tanah Patah senang mendengar program RTHL dilanjutkan.

“Syukurlah kalau tahun depan masih ada program bedah rumah itu, karena jujur saja pak memang masih banyak sebenarnya warga yang tinggal di rumah yang kurang layak. Semoga program ini terus dilanjutkan agar warga yang lain juga bisa dibantu,” tutur Hotda.

Kini, rumah Hotda yang sudah direnovasi oleh Pemkot Bengkulu melalui dinas perkim sudah jauh lebih bagus dan layak. Hotda yang berstatus janda sejak tahun 2007 itu kesehariannya bekerja sebagai penjualan sayur-sayuran yang ia tanam sendiri. Sejak tahun 2007 itu pula ia menghuni rumah berdinding papan yang sudah reot bersama 2 orang anaknya.

“Saya dari tahun 2007 tinggal di sini sejak suami saya meninggal. Saya sudah pernah mengusulkan bantuan bedah rumah karena mimpi saya punya rumah yang lebih layak. Akhirnya sekarang jadi kenyataan melalui program RTHL,” demikian Hotda.

Untuk diketahui, program ini salah satu program yang memang sudah diprogramkan bersama DPRD Kota Bengkulu. Ini program yang memang ditujukan untuk membuat masyarakat Kota Bengkulu bahagia. Bagaimana rumah yang belum layak, dibedah menjadi rumah layak huni.(Adv)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *