oleh

Sebanyak 72 Peserta Ikuti Lomba Menghafal Hadis Tingkat SMP/MTs Se-Kota Bengkulu

ReferensiPublik.com – Sebanyak 36 lembaga SMP/MTs baik Negeri maupun Swasta di Kota Bengkulu, setiap sekolah mengirimkan satu putra dan putri terbaiknya untuk mengikuti  lomba menghafal hadist tersebut, bertempat di SMPN 18 Kota Bengkulu, Kamis 5 Maret 2020.

Lomba menghafa Hadis ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Kota Bengkulu ke 301 pada tanggal 17 Maret 2020 mendatang.

“Alhamdulillah, hari ini kami melaksanakan lomba hadist antar SMP/MTs se-Kota Bengkulu, bertempat di masjid SMPN 18 Kota Bengkulu. Peserta yang mengikuti lomba, sebanyak 72 siswa dari perwakilan masing-masing setiap sekolah,” ujar Ketua Pelaksana Lomba Hadist, Idiarman, M.Pd.

Lomba hadist ini, nantinya juga akan dikutsertakan siswa SMA/SMK se-Kota Bengkulu, pada hari Sabtu, tanggal 7 Maret 2020.

“Untuk kriteria penilaian, pertama, kelancaran siswa dalam membaca hadist, arti dari hadist, maupun perawi hadist yang dibaca oleh peserta. Kedua, peserta akan diberi paket soal, terdiri dari paket soal 1, hadist berapa yang ditunjuk oleh juri, lalu perserta membacanya dari arti dan perawinya dari 40 hadist yang dilombakan, paket soal 2, hadist yang dipilih oleh juri, namun secara acak, dalam arti kata, dari 40 hadist, peserta harus hafal juga nama hadistnya secara berurutan,” jelasnya.

Kriteria penilaian ketiga, terdapat soal cerita, setelah selesai diceritakan oleh dewan juri, peserta diharuskan untuk menyambungkan cerita tersebut ke hadist berapa dari 40 hadist itu yang sesuai dengan cerita dari dewan juri.  Sehingga, peserta akan membaca hadistnya, beserta arti dan perawinya.

“Dari ke 72 peserta ini, nantinya akan diambil 6 besar peserta terbaik, 3 laki-laki dan 3 perempuan. Finalnya, tanggal 12 di Masjid At-Taqwa Anggut, langsung disaksikan oleh Walikota Bengkulu, Helmi Hasan. Sehingga, dapat memicu siswa, menampilkan yang terbaik dalam lomba hadist ini,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta penghafal hadist antar SMP/MTs se-Kota Bengkulu, Akbar Tegar Utama, sangat antusias mengikuti lomba hadist tersebut, diapun, memberikan tips cara menghafal hadist dengan cepat.

“Kami menghafalnya dari satu hadist per-hadistnya, lalu dihafalkan nomor hadist, ayat dan artinya. Jadi, kalau ditanya kami sudah ingat, nomor hadist ini apa, bisa kami mengingatnya,” kata Akbar yang merupakan perwakilan dari SMPN 15 Kota Bengkulu.

Setelah mendapat kabar adanya lomba hadist, Kepala SMPN 15, mengimbau pada seluruh siswa yang ingin mengikuti lomba hadist, langsung menghadap beliau.

“Kami optimis bisa mendapat 3 besar di lomba hadist ini, apalagi, dukungan dari keluarga dan pihak sekolah menambah motivasi kami,” tutupnya.

(Gs)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru