oleh

Peringati Maulid Nabi Muhammad, Wawali Dedy : Syarafal Anam Budayo Kito

ReferensiPublik.com, Kota Bengkulu – Ada yang menarik perhatian warga ketika berkunjung ke Berendo, Masjid At-Taqwa, Kamis (21/10/2021). Setelah dilihat, ternyata Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi bersama Rajo Penghulu se-Kota Bengkulu mengadakan zikir Syarafal Anam dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW disana.

Seperti yang kita ketahui, Syarafal Anam merupakan salah satu kesenian dan budaya masyarakat suku Lembak berumur 1500-an tahun, yang turun temurun digunakan dalam pelaksanaan ritual keagamaan, hal ini seperti kesenian sastra lisan bernuansa islam yang di lantunkan dan berisi puji-pujian terhadap Nabi dan Rasul.

Dedy tampak begitu menghayati dan memainkan alat musik redap sembari melafalkan syair-syair bersama tetua adat se-Kota Bengkulu.

Setelah selesai, Dedy pun mengucapkan terimakasih kepada ketua kerja sekaligus ketua adat berkas Junaidi Zul dan segenap panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

“Sayo ucapkan terimokasih sebelumnyo, sayo pemerintah kota, Walikota dan Wakil Walikota hari ko meraso riang nian. Karno ketua kerjo tadi lah menyampaikan kalo mempersiapkan acara iko sampe tengah malam dan hasilnyo pun mantap,” Ungkap Dedy dengan menggunakan bahasa Bengkulu.

Dedy juga berniat untuk melaksanakan kegiatan serupa dengan skala yang lebih besar dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu nantinya.

“Saya tadi spontan, Rajo Penghulu. Karena acara ini baik, insya allah nanti pas acara hari ulang tahun Kota Bengkulu kita buat lagi yang lebih besar,” sambung Dedy disahut antusias tetua adat.

Berbicara soal budaya, Ia berpesan agar masyarakat Bengkulu terus melestarikan budaya lokal asli Bengkulu, walaupun zaman terus berkembang.

“Kita harus tetap lestarikan budaya kita kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau bukan kini kebilo (kapan) lagi,” tutup Dedy.

(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru