oleh

Pemprov Bengkulu Terus Bangun Budaya Literasi untuk Perkuat Karakter Bangsa

ReferensiPublik.com – Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto secara resmi menyerahkan Piala serta Uang Pembinaan kepada para juara Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2020. Di antaranya lomba Perpusatakaan Desa Terbaik, Perpustakaan Sekolah Terbaik, Literasi Anak dan Pustakawan Berprestasi, Selasa (11/8).

“Kita harapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan generasi – generasi berbangsa yang kuat serta bermartabat, selain itu perlu upaya yang berkesinambungan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan melibatkan semua stakeholder,” jelas Gotri Suyanto.

Ditambahkan Gotri bahwa kekayaan akan cerita rakyat khususnya di Provinsi Bengkulu harus terus dilestarikan yakni dengan mengemasnya melalui buku – buku bacaan.

Di samping itu keterbatasan internet juga dapat diatasi dengan ketersedianya perpustakaan di desa – desa dalam rangka memberikan informasi – informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kalau di kota kan mudah mau bacaan apa saja tinggal google, tapi kalau di desa yang jangkauannya susah, internet apalagi, maka perpustakaan desa ini harapan yang bisa dikembangkan untuk mencerdaskan masyarakat desa,” papar Gotri.

Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Meri Sasdi menjelaskan digelarnya kegiatan lomba perpustakaan ini bertujuan meningkatkan minat baca serta literasi akan budaya – budaya yang mengandung nilai – nilai positif bagi bangsa.

“Kita ingin menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku, serta mengangkat dan mepopulerkan buku – buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai – nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa,” ungkap Meri Sasdi.

Adapun juara pada lomba kali ini untuk Kategori Lomba bercerita tingkat SD/MI Juara 1 diraih Syaakiroh Mawaddah asal SD IT Iqro’ Kota Bengkulu, Juara 1 Kategori Perpustakaan Sekolah Terbaik tingkat SMA diraih SMA 1 Kab. Rejang Lebong, Perpusatakaan Desa Terbaik Juara 1 diraih Perpustakaan Kerano Kuncoro, Desa Sri Kincoro Kab. Bengkulu Tengah dan untuk Kategori Pustakawan Berprestasi Juara 1 diraih Meri Susanti dari UMB Bengkulu.

(Mc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru