oleh

Pemkot Launching Lomba Antar Kelurahan Untuk Medekakan Sampah

Kota Bengkulu,referensipublik.com-Melihat masih rendahnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali menghidupkan program gerakan merdeka sampah. Upaya tersebut dengan menggelar lomba merdeka sampah antar kelurahan dengan total hadiah mencapai Rp 70 juta.

Adapun kegiatan ini sengaja digelar Pemkot, sehingga masyarakat Kota Bengkulu kian sadar akan kebersihan lingkungan serta menumbuhkan budaya malu akan membuang sampah sembarangan.

Lomba merdeka sampah antar Kelurahan dilaunching langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi di Alun-alun Berendo, Masjid Agung At-Taqwa, Selasa (20/9/2022).

Dikesempatan ini, Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan, gerakan merdeka sampah bagian dari Bengkulu Bersih Indah, Sejuk dan Aman (BISA), yang sebelumnya telah dilakukan tahun 2014, dan hal tersebut sangat efektif. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya keamanan dan turunnya angka kriminalitas, serta kebersihan lingkungan terjaga. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat bisa, dan semangat untuk menjaga lingkungannya tertanam.

“Kita pemilik sah Kota Bengkulu ini, mari kita jadikan kota ini bersih dan sejuk. Jadi saat ada sampah yang berserakan kita harus merasa risih dan jadikan merdeka sampah ini menjadi gerakan sebagai awal lahirnya rasa cinta dengan kota ini,” ujar Helmi dengan penuh semangat.

Iapun menambahkan persoalan sampah ini tak bisa diselesaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pemkot, namun peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sangat dituntut dalam pengelolaan sampah.

“Kalau ini berkerja secara efektif maka tak ada lagi persoalan sampah di kota Bengkulu. Dan kita juga minta masyarakat kian sadar untuk lebih bijak dalam pengelolaan sampah dan kita harapkan partisipasi seluruh pihak dengan target setiap kelurahan nantinya bebas akan sampah,” jelasnya.

Untuk menumbuhkan dan menegakkan aturan larangan membuang sampah sembarangan, Walikota Helmi melakukan sayembara bagi yang memvideokan oknum yang membuang sampah sembarang atau menangkapnya akan diberi hadiah berupa uang.

“Jika ada orang yang mengambil video oknum membuang sampah sembarang akan diberikan hadiah berupa uang 100 ribu dan apabila berhasil menangkap orangnya secara langsung berserta videonya diberikan uang 1 juta rupiah, tapi kita tegaskan tak ada rekayasa dalam hal ini demi mendapatkan uang itu,” tegasnya.

Dikesempatan ini Walikota Helmi menyerahkan penghargaan, berupa sepeda motor kepada LPM berprestasi yakni LPM Kelurahan Cempaka Permai dan LPM Kelurahan Sumber Jaya. Ia menjelaskan, sepeda motor ini merupakan hadiah untuk LPM kelurahan yang telah dianggap berhasil mengajak masyarakat untuk menggerakkan program merdeka sampah. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *