oleh

Mahfud MD dan Lomba Cerita Ala Santri

ReferensiPublik.com – Memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2020 lalu, Menko Polhukam Mahfud MD merayakan dengan menggelar lomba cerita menarik khas santri melalui akun Instagram pribadinya, @mohmahfudmd. Para pemenang cerita ter-unik mendapat kiriman bingkisan langsung dari Mahfud MD.
Melalui postingannya di Hari Santri, Mahfud menceritakan rasa bangga pernah mengemban pendidikan di pondok pesantren. Ia juga mengungkapkan peran penting santri dalam perjalanan Indonesia.

“Sebagai orang yang pernah mondok, saya bangga jadi santri, karena tidak terbantahkan kaum santri telah memberi andil sangat besar bagi pembangunan dan kemerdekaan Indonesia. Santri selalu memikul amanah untuk menjaga dan membangun NKRI dengan Islam rahmatan lil alamin”, tulis Mahfud MD

Lomba cerita unik khas santri itu, disambut baik oleh para santri dari berbagai daerah. Mereka dengan antusias menuliskan cerita dan pengalaman menarik selama berada di pesantren. Dari ratusan yang memposting cerita melalui instagram, terpilih enam orang pemenang.

Cerita-cerita para santri didasari oleh pengalaman yang sangat kental dengan tradisi khas pesantren, keunikan cerita, serta kelucuan yang kerap mereka alami.

Salah satu pemenang @fikrinyantri menceritakan tentang pengalaman bangkong atau tidur pagi dalam bahasa Jawa, selesai solat subuh di hari Jumat. Tradisi bangkong menjadi hari yang dinanti, sebagai pelepas Lelah setelah seminggu belajar dan melakukan kegiatan rutin. fikrinyantri juga mengungkapkan rasa bangga menjadi santri.

“Menjadi hal yang luar biasa bagi kami sebagi santri dengan adanya peringatan hari Santri, hal itu jelas menambah semangat kami. Karena kami sadar, kami diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat, serta dinanti-nantikan sumbangsihnya untuk agama dan negeri,” tulisnya.

Sementara pemenang lomba cerita lucu lainnya berasal dari santriwati @lylaalhasany, yang menceritakan ketegangan saat mendapat giliran untuk setor hafalan bacaan kepada guru di pesantren.

“Inget banget, rebutan antrian ngaji sampai antrian kamar mandi. Roller coaster kalah. Ditambah tiba tiba nge-blank, padahal pas antri udah yakin banget bakal lancar dan lanyah. Habis ngantri, rasanya kayak habis mentas berendem di air sejuk dan legaaaa!!!!,” tulisnya.

Setelah memilih pemenang dalam cerita menarik di hari Santri, Mahfud memberikan selamat, kepada pemenang melalui postingan video di akun instagramnya. Mahfud yang kini menjabat Menko Polhukam itu juga mengirimkan bingkisan dan ucapan khusus kepada para pemenang.

“Saya mengucapkan selamat kepada pemenang cerita hari santri dalam rangka hari santri nasional yang lombanya dilakukan melalui Instagram saya, Mahfud MD. Saya sudah membaca semua, ceritanya bagus-bagus, lucu-lucu, alami dari pesantren, karena saya juga lulusan pesantren, jadi ikut menghayati cerita itu. Bagus-bagus. Tapi tentu tidak semuanya menang. Karena pesertanya banyak dan pemenangnya dibatasi enam orang” ujar Mahfud.

Kepada para peserta yang belum menang, Mahfud berjanji akan mengadakan lomba lagi pada hari santri tahun depan. “Untuk yang belum menang, tahun depan bikin cerita yang bagus lagi, mudah-mudahan menjadi pemenang. Selamat Hari Santri 22 Oktober 2020” ujar Mahfud MD.

(**)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru