oleh

Jelang Idul Adha, Dispangtan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

ReferensiPublik.com – Jelang perayaan hari raya Idul Adha, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dibeberapa penampungan dan peternakan hewan di Kota Bengkulu, Rabu (29/7/2020).

Saat memantau pemeriksaan, Kepala Dispangtan diwakili Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Hauliantua Pohan mengatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan di penampungan dan peternakan hewan.

“Mulai dari hari senin hingga kamis nanti kita akan melakukan pemeriksaan secara intens dengan memastikan hewan ternak untuk kurban dinyatakan sehat, apabila ada yang di temukan penyakit dapat diobati sejak dini dan kita sarankan jangan diperjualbelikan dulu sampai hewan itu sembuh,” ujar Hauliantua.

Bukan hanya itu saja, Hauliantua mengungkapkan, pemeriksaan ini dilakukan agar hewan kurban memenuhi syarat yang ditentukan.

“Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar hewan dapat dikurbankan di antaranya dari segi umur, untuk sapi harus berumur 2 tahun, sedangkan kambing 1 tahun. Ada juga dari segi kesehatannya hewan kurban harus dinyatakan tidak ada penyakit. Selain itu, fisiknya harus sehat ataupun tidak cacat satupun,” demikian Hauliantua.

Untuk diketahui, pemeriksaan hari ini dilakukan dibeberapa peternak di Sidomulyo dan Sukarami.

(Mc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru