oleh

Guru Dilarang Main Handphone Di Kelas

ReferensiPublik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait aturan baru dalam bidang pendidikan. Yakni larangan bagi para guru atau tenaga pengajar membawa handphone ke dalam kelas saat kegiatan belajar mengajar.

Disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM. Menurutnya, alasan diterbitkannya surat edaran tersebut karena penggunaan handphone di dalam kelas dapat mengganggu proses belajar mengajar. Selain itu juga untuk memberi teladan kepada siswa agar lebih bijak dalam menggunakan gadget.

“Sampai saat ini masih banyak guru yang main handphone saat mengajar di kelas. Oleh karenanya kami akan bersurat terkait larangan bermain handphone saat proses belajar mengajar,” kata Zamzami.

Surat edaran rencananya akan ditujukan kepada seluruh pengawas, kepala sekolah, dan guru di Kabupaten Kepahiang. Zamzami juga mengatakan ada sanksi bagi mereka yang tidak mematuhi surat edaran tersebut. “Awalnya kita akan beri sanksi teguran. Jika tetap melanggar, maka akan evaluasi jabatan bagi yang bersangkutan,” ujarnya.

Khusus dalam mata pelajaran yang memang harus menggunakan handphone sebagai media pembelajaran, Zamzami mengatakan harus ada surat dari pihak sekolah mengenai hal tersebut. “Silakan bawa Hp kalau memang ada pelajaran yang harus menggunakan media itu. Tinggal pihak sekolah menyampaikan surat ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Yang penting kita bisa membagi waktu dan kepentingan, jika memang dibutuhkan,” ujar Zamzami.

Disisi lain Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.PT, MM menyambut baik rencana Pemkab Kepahiang. Menurutnya sah-sah saja jika pemkab mengeluarkan sebuah edaran dan aturan, karena ini terkait perkembangan pendidikan daerah ke arah yang lebih baik. “Memang perlu ada aturan yang mengikat mengenai larangan ini demi meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kepahiang,” singkat Nining.

(Zl)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru