Beranda Daerah Tradisi BBGRM di Mukomuko Diwarnai Tabuh 100 Kentongan

Tradisi BBGRM di Mukomuko Diwarnai Tabuh 100 Kentongan

RaferensiPublik.com >> Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melakukan rapat pematangan giat pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XVI tingkat Provinsi Bengkulu.

Pada acara yang akan dilaksanakan 11 Juli mendatang dan dipusatkan di Desa Rami Mulya Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko ini, akan digelar berbagai acara. Salah satunya pemukulan 100 kentongan secara serentak yang dijadwalkan akan dipimpin langsung oleh Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah.

Kabid PEUM Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Juni Erwandi, SIP menuturkan, pemukulan 100 kentongan ini sebagai simbol budaya kegotong-royongan yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia khususnya wilayah pedesaan.

“Jaman dulu, kentongan merupakan alat komunikasi masyarakat salah satunya untuk kegiatan gotong royong. Kita ambil makna itu dari pemukulan 100 ketongan secara bersama-sama ini. Budaya gotong royong masih lekat ditengah masyarakat Mukomuko,” terangnya.

Selain pemukulan kentongan, kegiatan pameran, pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian susu gratis serta bazar juga akan meramaikan BBGRM di Mukomuko.

“Hari ini kita lakukan pematangan persiapan. Meskipun anggaran kegiatan ada di DPMD semua OPD terlibat. Rapat ini untuk mengclaerkan tugas masing-masing OPD,” kata Juni.

Hampir dipastikan, seluruh daerah se Provinsi Bengkulu akan mengikuti kegiatan ini, dari 9 Kabupaten/Kota di luar Mukomuko, tinggal tiga daerah lagi yang belum konfirmasi ulang kepastian datang, selebihnya sudah pasti. Namun DPMD Mukomuko yakin semua daerah akan ikut.

“Untuk kepala daerah yang sudah memastikan diri datang langsung adalah Wali Kota Bengkulu, Pak Helmi Hasan. Begitupun dengan Gubernur, sampai saat ini beliau pasti menghadiri langsung kegiatan ini. Kita berharap seluruh kepala daerah dapat menghadiri kegiatan BBGRM di Mukomuko ini. Untuk lebih lanjut akan kita konfirmasi ulang kepada masing-masing daerah,” demikian Wawan.

(Mc Kominfo/AGR)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here