oleh

Tong Sampah Misterius, OPD Pemkab Mukomuko Berlomba lomba untuk Memiliki

ReferensiPublik.com >> Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan menebar Tong Sampah di dinas isntansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Namun sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan mendata produksi sampah di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Hal ini dibenarkan Kadis LH Mukomuko, Suwarto, S.Pd yang turut diaminkan Kabid Persampahan dan Limbah B3, Darmadi, S.Sos.

Dijelaskannya, tujuan verifikasi ini, untuk menentukan OPD mana yang menghasilkan sampah terbanyak. Selanjutnya OPD yang memproduksi banyak sampah akan dibekali Tong Sampah dari DLH sesuai kebutuhan.

“Memang rencana kita akan membagikan Tong Sampah ke OPD, akan tetapi akan kita lakukan verifikasi dulu, OPD mana yang banyak menghasilkan sampah. Nah, untuk awal ini Tong Sampah yang telah tersedia akan kita bagikan ke OPD yang banyak memproduksi sampah. Supaya lebih tepat sasaran,” kata Suwarto.

Program ini salah satu upaya dari pengendalian sampah, khususnya di lingkungan perkantoran. Harapannya, setiap OPD terbebas dari sampah dan tampak lebih bersih dari sebelumnya.

Kemudian, dengan adanya Tong Sampah ini nanti, sampah dari OPD tidak dibakar disekitar kantor. Karena dengan cara dibakar selain polisi udara, juga menggangu aktivitas pegawai.

“Kalau sampahnya tidak berserakan, sudah ada dalam Tong, petugas bisa dengan mudah mengakut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jadi sampah tidak lagi dibakar seperti selama ini,” pungkasnya.

(Mc Kominfo/AGR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru