oleh

Mendikbud Minta Redistribusi Guru Segera Implementasikan

ReferensiPublik.com >> Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan zonasi tidak hanya berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) saja, tapi juga seluruh masalah pendidikan diselesaikan di masing-masing zona, termasuk pemerataan guru utamanya.

“Jadi setelah penerimaan peserta didik baru ini, saya minta masing-masing daerah itu segera mengimplementasikan Program Redistribusi Guru agar merata, termasuk jangan sampai ada sekolah tertentu yang diisi guru PNS,  ada sekolah lain yang diisi guru honorer,” kata Muhadjir di Kemendikbud, Jakarta, Selasa (11/6).

Muhadjir meminta agar segera dilakukan penyebaran guru-guru, karena ada Guru PNS yang sudah bersertifikat, dan ada yang belum bersertifikat. Kemudian ada guru honorer atau guru  tidak tetap yang sudah bersertifikat, dan ada yang belum bersertifikat. “Bagi secara merata, terutama jenjang-jenjang SD dan SMP, sehingga progam pemerataan pendidikan yang berkualitas segera terealisasi,” pintanya.

Disebutkan, di daerah-daerah masih terjadi disparitas atau ketimpangan sekolah masih tinggi. Tetapi kalau tidak ada kemauan keras dari pihak daerah, terutama untuk segera melakukan kebijakan-kebijakan redistribusi guru, dirinya kuatir kebijakan pemerintah untuk segera melaksanakan program pemerataan pendidikan yang berkualitas akan tersendat.

Untuk itu, kata dia, harus ada rotasi guru dari sekolah yang dianggap favorit ke sekolah lainnya. Tujuannya agar sekolah yang dianggap kurang bagus bisa mendapat guru dari sekolah favorit.

Ia menambahkan, setelah siswa masuk itu harus ada rotasi guru. Untuk sekolah favorit, gurunya harus dibagi rata, kalau memang ada asumsi, bahwa sekolah favorit merupakan efek dari kinerja sekolah atau kinerja guru, maka sekolah yang mendapat predikat kurang bagus supaya mendapat guru yang bagus.

Muhadjir meminta guru tidak perlu khawatir dipindah ke daerah yang jauh. Kecuali ada daerah atau zona lain yang sangat membutuhkan guru. “Tidak usah gelisah, guru kalau dipindah, itu tetap di zona masing-masing. Kecuali terpaksa kalau ada kelebihan, di zona lain kurang, saya minta kesediaannya,” ungkapnya.

(Ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru