oleh

Launcing Car Free Day, Herwan Antoni: Turunkan Ketergantungan Kendaraan Bermotor

ReferensiPublik.com – Car Free Day (CFD) yang biasanya ada di Kota-Kota besar di Indonesia, kini hadir di Bengkulu, tepatnya di Depan Bundaran Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Bengkulu, Kota Bengkulu.

Ribuan masyarakat yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Bengkulu turut hadir memeriahkan Launcing CFD, Pergerakan Massa Germas serta Pengukuhan Kader Germas ini dengan antusias yang sangat luar biasa.

Pada Launcing ini pun, turut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Sestijen) Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Eni Gustina, Dirjen Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI Kartini, Gubernur Bengkulu beserta Istri Rohidin Mersyah dan Derta Wahyulin.

Tak ketinggalan, juga hadir Wakil Gubernur Bengkulu Dedi Ermansyah, Wakil Ketua I dan II DPRD Provinsi Bengkulu Samsu Amanah dan Suharto, Kapolda Bengkulu Brigjenpol Supratman, Anggota DPD RI Ahmad Kenedi, Unsur Forkopimda, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Para Asisten Pemprov Bengkulu beserta staf, Wakil Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi serta seluruh perangkat OPD dan staf.

Dibuatnya agenda CFD ini berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 1999 tebtang Pengendalian Pencemaran Udara, Intruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Peraturan Gubernur Bengkulu nomor 440/569/Dinkes tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat kepada Bupati/Walikota dan seluruh OPD dilingkungan Provinsi Bengkulu serta Surat Edarah Gubernur Bengkulu nomor 440/139-Dinkes 2019 tentang Gerakan Bawa Botol Minum Sendiri di Tempat Kerja dan Aktivitas Lain.

Kemudian, agenda CFD ini juga berdasarkan Surat Rekomendasi Rapat Kerja Nasional tahun 2019 dan Rapat Kerja Daerah tahun 2018 tentang Upaya Pengendalian Penyakit Tidak Menular salah satunya dengan mengadakan kegiatan CFD ini serta Surat Keputusan Gubernur Bengkulu nomor 149.B.1 tahun 2019 tentang Panitia Kegiatan HUT Provinsi Bengkulu ke-51 tahun 2019.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, menginformasikan akan tujuan dari kegiatan CFD, yakni untuk memberi tahu kepada seluruh masyarakat akan pentingnya menurunkan ketergantungan akan kendaraan bermotor.

Supaya, tercipta lingkungan yang sehat, udara yang segar dan sehat serta tercipta dan tersedia ruang terbuka hijau untuk seluruh masyarakat.

“Tujuan dari acara Car Free Day ini adalah untuk mensosialisasikan kepada seluruh komponen masyarakat tentang pentingnya untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor supaya tercipta lingkungan yang sehat, udara yang sehat dan segar yang bebas dari pencemaran dan tersedia ruang terbuka hijau,” Katanya saat Launcing CFD, Minggu (27/10).

Disamping itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah lansung melauncing CFD yang pertama di Provinsi Bengkulu yang akan dilaksanakan setiap dua kali dalam satu bulan, yakni pada minggu pertama dan minggu ketiga.

Rohidin juga menyampaikan, CFD ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat secara menyeluruh, masif dan sistematis untuk menciptakan masyarakat yang sehat mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan hingga akhirnya pada pada Gerakan Indonesia Sehat.

” saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah berarti kan partisipasi secara aktif,” Ungkap Rohidin.

(Ads)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru