Beranda Daerah Kepala DKP Kota Bengkulu Siap Wujudkan Leading Sektor Pembanguan untuk Nalayan Bengkulu

Kepala DKP Kota Bengkulu Siap Wujudkan Leading Sektor Pembanguan untuk Nalayan Bengkulu

Kapala DKP Kota Bengkulu Syafriandi, SE,ST,M.Si saat menggelar pertemuan dengan Nelayan Pasar Bengkulu

ReferensiPublik.com >>  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu berkomitmen penuh untuk menjadikan leading sektor pembangunan di Kota Bengkulu, hal tersbut jelas dikatakan Kepala DKP Kota Bengkulu Syafriandi, SE,ST.M.Si saat mengunjungi kampung nelayan Pasar Bengkulu, Jumat (10/05/2019).

“Kunjungan ini guna membangun silahturahmi dan menampung aspirasi warga nelayan. Selain itu juga dimaksudkan untuk membangun sinergisitas dan menjadikan leading sektor pembangunan Kota Bengkulu,”jelas Syafriandi.

Syafriandi mengatakan bahwa, pertemuan ini digelar dalam rangka Safari Bahari sepanjang bulan ramadhan untuk mengidentifikasi masalah, keluhan, sekaligus sosialisasi rencana strategis DKP. Syafriandi juga menargetkan selama bulan Ramadhan setiap kelurahan kampung nelayan Kota Bengkulu akan dikunjungi.

“Saya kan baru di DKP, ini langkah awal, intinya silahturahmi dengan nelayan, karena sasaran pembangunan di DKP itu nelayan dan masyarakat perikanan, jadi intinya mengenalkan diri agar rencana pembangunan DKP bisa dieksekusi sesuai dengan kebutuhan nelayan dan sektor kelautan, kami akui DKP masih sangat minim data, termasuk data yang sangat sederhana seperti jumlah nelayan dan kondisi, potensi, serta hal-hal lain yang bisa menjadi acuan dalam membuat kebijakan,”kata Syafriandi.

Lanjutnya, dalam hal program-program bantuan juga bisa diketahui seperti apa jenis-jenis kapal dan alat tangkap ikan yang ingin digunakan nelayan, jangan sampai bantuan yang akan direalisasiakan tidak tepat sasaran.

“Tahun ini DKP punya sekitar 1000 unit jaring alat tangkap, dan 8 kapal, nah itu rencananya sudah ada termasuk kriteria penerima tapi akan lebih update kalau saya turun langsung, agar program ini tepat sasaran,”ujar Syafriandi

Sementara itu, Ketua Komunitas Nelayan Pasar Bengkulu yang akrab disapa Cik David menyampaikan apresiasinya kepada pihak DKP Kota Bengkulu.

“Kami ko senang nian kalau ado pihak pemkot yang mau silahturahmi dengan kami, Pak Andi ini baru katoyo, sebelumnyo kami jugo dak tahu mano kepala dinas tu,”kata Cik David dalam bahasa Bengkulu

Cik David menambahkan, selama ini banyak bantuan dari pihak pemerintah yang tidak tepat sasaran seperti bantuan kapal, jaring dan lain-lain.

“Selama ini banyak dari kami nelayan Pasar Bengkulu belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dan nelayan yang mendapat bantuan orangnya itu-itu saja.  Kalo ado bantuan untuk para nelayan harus benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan aturan, kami nelayan Pasar Bengkulu akan siap mendukung,” kata Cik David.

Nelayan juga mengeluhkan persoalan trawl yang tak kunjung selesai. Nelayan Pasar Bengkulu berharap kadis DKP yang baru dapat memberikan solusi agar konflik antar nelayan tidak berkepanjangan.

Menaggapi itu yafriandi berjanji,akan segera melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan pihak-pihak terkait agar persoalan trawl segera teratasi.

“Nelayan yang  paling kena dampak dari persoalan trawl adalah saudara-saudara kota nelayan Kota Bengkulu, persoalan ini akan kita konsolidasikan, saya sudah berkomunikasi dengan Danlanal dan pihak-pihak lain untuk duduk bersama dalam waktu dekat,”ujar Syafriandi.

(Ad)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here