Beranda Daerah Diskominfo Tingkatkan Penguatan KIM

Diskominfo Tingkatkan Penguatan KIM

ReferensiPublik.com >> Diskominfo menggelar penguatan kepada  Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan dibuka secara langsung oleh Bupati Mukomuko Choirul Huda, bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko,Kamis  (21/6/2019).

Huda dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dengan adanya KIM ini merupakan salah satu sarana untuk berbagai informasi bagi masyarakat itu sendiri maupun informasi dari masyarakat kepada pemerintah dan membangun kultur yang baik dalam membangun dan menyebarkan informasi yang benar.

“Harapannya masyarakat dapat memberikan informasi yang benar tanpa adanya hujatan ataupun ujaran kebencian di media sosial sebagai sarana penyebarluasan informasi,” katanya.

Ia juga berharap untuk menguatkan informasi dimasyarakat, dengan adanya KIM bisa membangun kultur  yang baik untuk menyampaikan informasi didunia maya.

Memiliki nilai kesopanan dalam memberikan informasi yang positif bukan ajang untuk meberikan informasi kebencian atau hoax, sehingga dunia maya dapat memembrikan informasi sesuai dengan kulturnya kita.

“Meskipun KIM di Mukomuko baru aktif di 5 Kecamatan. Kita targetkan 15 kecamatan segera terbentuk KIM ini,” pinta Bupati.

Kepala Diskominfo Mukomuko H,Ruslan dalam laporannya mengatakan bahwa KIM merupakan salah satu fungsi informasi yang ada di masyarakat.

Dengan adanya KIM bisa  Memanage informasi yang ada di masyarakat, dan dapat mengedukasi masyarakat yang ada di desa agar tidak menyampaikan berita hoax atau yang tidak faktual kebenarannya.

“Dalam waktu dekat ada gerakan dalam bentuk program-program kerja, sehingga nantinya keberadaan KIM mampu meningkatkan ekonomi bagi masayarakat,” terangnya.

Kegiatan ini diikuti 100 orang perwakilan KIM dari lima 5 Kecamatan yakni Kota Mukomuko, Lubuk Pinang, Air Manjunto, dan XIV Koto serta Pemateri penguatan KIM yaitu Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan,SE.MM.

Jaduliwan dalam pemaparan menyampaikan KIM diharapkan memberikan informasi dengan tidak menyebarkan informasi Hoaks dan membangun Pemerintah Daerah dengan informasi dan hal-hal yang positif.

Serta Kabupaten Mukomuko merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang sudah memiliki KIM.

Ia berharap KIM harus melakukan cara bagaimana menggunakan internet yang baik dan harus ada hal positif yang dilakukan oleh KIM, jadilah sebagai penyambung Pemerintah Daerah dan menjadi desiminasi informasi positif, ujar Jaduliwan.

(MC Kominfo/Ads/Ip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here