oleh

Dengar Kabar Ada Pungutan, Disdik BU Tanggap Tegas Sekolah

ReferensiPublik.com –  Adanya indikasi pungutan biaya pada peserta didik yang dilakukan oleh beberapa sekolah dilingkungan Pemerintah Daerah Bengkulu Utara. Hal itu membuat Sekretaris Dinas pendidikan Bengkulu utara, Drs, Bambang  Pramana Budi,M.pd, mengaku kaget setelah  mendengar kabar tersebut.

“Jujur saya kaget setelah mendengar informasi ada sekolah yang terindikasi melakukan pungutan, sebap  berdasarkan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016, sekolah dilarang melakukan  pungutan, yang diperbolehkan itu, menerima bantuan atau sumbangan, namanya sumbangan ya sesuai kemampuan,” kata pria yang akrab disapa  Bambang ini saat di temui  dikantor Dinas Pendidikan Bengkulu Utara pada hari Senin, (2/09/2019).

Bambang meyakini bahwa pungutan tersebut terjadi karena kealfaan serta kehilafan  sekolah dalam menyikapi keterbatasan anggaran.

“Saya yakin, kesepakatan wali murid yang  difasilitasi oleh komite tersebut terjadi karena kealfaan serta  kekhilafan pihak sekolah dalam menyikapi persoalan keterbatasan anggaran. Dalam waktu dekat, Dinas Pendidikan Bengkulu Utara akan menghimbau pada pihak sekolah untuk tidak lakukan pungutan dan  beberapa Kepala Sekolah  yang terindikasi mungut akan segera kita panggil. Jiika perlu seluruh sekolah,”tegasnya.

Kedepan, sambung Bambang, kami(Disdik) akan masifkan sosialisasi Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016,agar hal  serupa tidak terulang kembali,”ujarnya.

Pihaknya juga memohon pengertian semua pihak terkait dengan uang yang telah di pungut selama ini.

“Terkait dengan uang yang telah di pungut selama ini, karena telah dipergunakan untuk keperluan siswa jadi mohon pengertiannya, kalau bisa di ikhlaskan saja. Meskipun demikian, kami dari  Dinas pendidikan tetap akan mengcross cek transparansi penggunaan dana  tersebut,”imbuh Bambang.

Terakhir, ntuk mengurai persoalan keterbatasan anggaran, pihaknya tetap berusaha memfasilitasi pihak sekolah, untuk berkomunikasi pada pihak-pihak pihak luar.

“Soal keterbatasan anggaran, kita  akan  berusaha memfasilitasi pihak sekolah  mencari  bantuan atau sumbangan diluar  orang tua peserta didik. Jika memungkinkan  kita  menggandeng forum TJSLP  Bengkulu Utara, mengapa tidak? sebap  pendidikan yang berkualitas  membutuhkan dana yang tidak sedikit,”tutup Bambang.

(Bw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru