oleh

BPOM Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik untuk Generasi Millennial

ReferensiPublik.com >> Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat tentang pemilihan dan penggunaan kosmetik yang aman, di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/7/2019).

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk komunikasi, edukasi dan informasi (KIE) kepada komunitas masyarakat bertajuk “Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik untuk Generasi Millennial”.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Maya Gustina Andarini mengatakan, pemerintah meningkatkan pengawasan sekaligus memberdayakan konsumen agar dapat memilih dan menggunakan produk kosmetik dengan baik.

“Kegiatan ini difokuskan kepada komunitas masyarakat usia produktif, dengan pertimbangan bahwa komunitas pada usia tersebut merupakan komunitas yang paling banyak menggunakan kosmetik,” katanya.

Menurut dia, komunitas masyarakat pada rentang usia tersebut memiliki karakteristik kebutuhan penggunaan kosmetik yang tidak homogen, namun di satu sisi dapat dikatakan memiliki andil dalam mengambil keputusan dalam memilih kosmetik dan di sisi lain memiliki tingkat risiko yang sama terpapar kosmetik ilegal atau mengandung bahan berbahaya.

Maya berharap pada ibu-ibu Tim Penggerak PKK, untuk menyebarluaskan informasi ini, salah satu caranya mengecek Kosmetik dengan mengunduh di play store Badan POM.

Sementara itu dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Laksmi Anggari Putri Dharma, Sp. KK mengingatkan agar masyarakat menggunakan kosmetik yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Kegiatan kampanye cerdas menggunakan kosmetik ini dimulai pada komunitas remaja, khususnya setingkat Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menegah Kejuruan, karena pada rentang usia remaja pertengahan tersebut sudah mulai terbentuk rasa percaya diri dan kesanggupan untuk melakukan penilaian terhadap tingkah lakunya, termasuk keputusan dalam memilih produk kosmetik yang akan digunakan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan komunitas remaja akan penggunaan kosmetik yang aman dan tepat, termasuk bagaimana menyaring dan menelaah informasi kosmetik dari penandaan dan iklan yang mereka jumpai sehari-hari.

Kampanye ini dihadiri oleh 250 peserta yang merupakan perwakilan dari TP PKK se Kabupaten Manggarai Barat.

(mc/Syarif/ads)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru